Tutorial menggunakan Textractor untuk Translate Visual Novel

Bermain Visual Novel memanglah sangat mengasikan dikarenakan banyak sekali cerita beserta genre yang bisa kalian nikmati selain menonton anime dan membaca manga maupun Light Novel. Tetapi satu-satunya masalah saat bermain Visual Novel tentu saja bahasa yang digunakan pada Visual Novel tersebut, karena Developer Visual Novel hanya merilis game tersebut dalam satu bahasa saja yaitu bahasa Jepang dan itu menjadi satu-satunya kendala saat memainkan Visual Novel. Meskipun saat ini memang sudah ada beberapa developer yang merilis sebuah Visual Novel berdampingan dengan bahasa inggris dan hadirnya para Translator yang mau secara sukarela menerjemahkan Visual Novel, tetapi terkadang ada Visual Novel yang ingin kita mainkan & belum di terjemahkan dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris di situlah masalah terbesar yang harus kita hadapi.

Tenang saja! karena kali ini admin akan membagikan sebuah Tutorial untuk memainkan sebuah Visual Novel bisa kalian terjemahkan secara otomatis menggunakan aplikasi pihak ke 3 yaitu Textractor. 

Perlu diketahui bahwa bahasa hasil Translate tidaklah sempurna sebab itu kalian perlu mengambil garis besar dari text hasil Translate dan memahaminya sendiri. )

Pertama-tama kalian perlu download terlebih dahulu Textractornya melalui link ini.

Klik Disini

Setelah selesai mendownload ZIPnya jangan lupa untuk mengekstra menggunakan aplikasi Winrar terbaru, setelah install kalian akan mendapatkan 2 folder seperti pada gambar di bawah ini.


Setelah itu bukalah Folder x86 dan buka aplikasi Textraktornya

Setelah aplikasi terbuka pilih Extension pada menu kiri bawah sendiri maka akan terbuka menu pop up baru seperti pada gambar di bawah ini.

Pilih BING TRANSLATE dan hapus atau tekan tombol delete & klik kanan pada box tersebut pilih menu add Extensions dan pilih GOOGLE TRANSLATE  maka akan muncul pop up baru seperti gambar di bawah ini.

Pada Text atas sendiri yang bertuliskan Translate to.......English: en kalian dapat merubah bahasa hasil Translate JP ke bahasa yang kalian inginkan, kalian bisa Translate ke bahasa ENG atau ke bahasa ID, disini admin akan memilih bahasa ID.

Setelah selesai kembali lagi pada pop up ekstensi sebelumnya dan pindahkan Google Tranlate ke posisi seperti ini.

Kalau sudah selesai maka setting pada Textractor sudah selesai dan nanti kalian tidak perlu setting lagi saat kalian membuka app ini lagi dan sekarang saatnya bagaimana cara Translatenya.

Buka game yang ingin kalian Translate, pada tutorial kali ini admin akan menggunakan game Amakano 2 sebagai contohnya.

Pada gambar di atas kalian pilih menu ( Atach to game ) dan akan keluar menu pop up baru seperti pada gambar di atas dan pilih aplikasi gamenya setelah itu klik Oke.

Setelah selesai kalian masuk ke dalam gamenya dan majukan Text 1 kali klik.

ketika sudah masuk seperti pada gambar di atas dan menskip 1 text, klik pada tabel di atas dan pilih sampai kalian menemukan Text game yang sesuai pada text in game.

Bagaimana cara tau textnya sesuai? kalian bisa melihat contoh pada gambar dibawah ini.

Dengan begini kalian sudah selesai Setting Textractor & bisa memainkan VN yang kalian suka.

Posting Komentar

1 Komentar

Unknown mengatakan…
Min tolong dong dikasih tau cara main vn nya,(cara download/pasangnya gitu)